TUGAS PERTEMUAN 9
MODUL 9
PENGENALAN ASYNCTASK DAN ASYNCTASKLOADER
PADA ANDROID STUDIO
Ada dua cara untuk melakukan pemrosesan latar belakang di Android: menggunakan
kelas AsyncTask, atau menggunakan kerangka kerja Loader, yang menyertakan kelas
AsyncTaskLoader yang menggunakan AsyncTask. Di sebagian besar situasi, Anda akan
memilih kerangka kerja Loader, namun penting untuk mengetahui cara kerja AsyncTask,
sehingga Anda bisa membuat pilihan yang bagus.
Dalam bab ini Anda akan mempelajari alasan pentingnya memproses beberapa tugas di
latar belakang, di luar thread UI. Anda akan mempelajari cara menggunakan AsyncTask,
bila tidak menggunakan AsyncTask, dan dasar-dasar penggunaan loader.
Thread UI
Bila aplikasi Android dimulai, aplikasi membuat thread utama, yang sering disebut
thread UI. Thread UI mengirimkan kejadian ke widget antarmuka pengguna (UI) yang
sesuai, dan ini merupakan tempat aplikasi Anda berinteraksi dengan komponen dari toolkit
UI Android (komponen dari paket android.widget dan android.view).
Model thread Android memiliki dua aturan:
1. Jangan memblokir thread UI.
Thread UI perlu memberikan perhatiannya untuk menggambar UI dan menjaga aplikasi
tetap responsif terhadap masukan pengguna. Jika semuanya terjadi di thread UI, operasi
panjang seperti akses jaringan atau kueri database bisa
memblokir seluruh UI. Dari perspektif pengguna, aplikasi tersebut akan mogok. Lebih
buruk lagi, jika thread UI diblokir selama lebih dari beberapa detik (saat ini sekitar 5 detik)
pengguna akan ditampilkan dialog "application not responding" (ANR). Pengguna bisa
memutuskan untuk keluar dari aplikasi dan mencopot pemasangannya.
Untuk memastikan aplikasi Anda tidak memblokir thread UI:
➢ Selesaikan semua pekerjaan dalam waktu kurang dari 16 md untuk setiap layar UI.
➢ Jangan menjalankan tugas asinkron dan tugas lain yang berjalan lama pada thread
UI. Sebagai gantinya, implementasikan tugas pada thread latar belakang
menggunakan AsyncTask (untuk tugas singkat atau yang bisa disela) atau
AsyncTaskLoader (untuk tugas berprioritas tinggi, atau tugas yang perlu melaporkan
kembali ke pengguna atau UI).
2.Lakukan pekerjaan UI hanya pada thread UI.
Jangan menggunakan thread latar belakang untuk memanipulasi UI Anda, karena toolkit
UI Android bukan thread-safe.
AsyncTask
Gunakan kelas AsyncTask untuk mengimplementasikan tugas asinkron yang berjalan
lama di thread pekerja. (Thread pekerja adalah thread yang bukan thread utama atau
thread UI.) AsyncTask memungkinkan Anda menjalankan operasi latar belakang dan
mempublikasikan hasil di thread UI tanpa memanipulasi thread atau penangan.
Bila AsyncTask dieksekusi, maka akan melalui empat langkah:
1. onPreExecute( ) dipanggil di thread UI sebelum tugas dieksekusi. Langkah ini
biasanya digunakan untuk mempersiapkan tugas, misalnya dengan menampilkan
bilah kemajuan di UI.
2. doInBackground( Params. . . ) dipanggil pada thread latar belakang segera setelah
onPreExecute( ) selesai. Langkah ini menjalankan komputasi latar belakang,
mengembalikan hasil, dan meneruskan hasilnya ke onPostExecute( ) . Metode
doInBackground( ) juga bisa memanggil publishProgress( Progress. . . ) untuk
mempublikasikan satu atau beberapa unit kemajuan.
3. onProgressUpdate( Progress. . . ) berjalan di thread UI setelah publishProgress(
Progress. . . ) dipanggil. Gunakan onProgressUpdate( ) untuk melaporkan suatu
bentuk kemajuan ke thread UI sewaktu komputasi latar belakang dieksekusi.
Misalnya, Anda bisa menggunakannya untuk meneruskan data guna
menganimasikan bilah kemajuan atau menampilkan log di bidang teks.
4. onPostExecute( Result) berjalan di thread UI setelah komputasi latar belakang
selesai.
Untuk detail selengkapnya mengenai metode ini, lihat referensi AsyncTask . Di bawah
ini adalah diagram urutan pemanggilan.
Penggunaan AsyncTask
Untuk menggunakan kelas AsyncTask , definisikan subkelas AsyncTask yang
menggantikan metode doInBackground( Params. . . ) (dan biasanya juga metode
onPostExecute( Result) ). Bagian ini menjelaskan parameter dan penggunaan AsyncTask ,
kemudian menampilkan contoh lengkap.
Parameter AsyncTask
Di subkelas AsyncTask , sediakan tipe data untuk tiga jenis parameter.
➢ "Params" menetapkan tipe parameter yang diteruskan ke doInBackground( )
sebagai larik.
➢ "Progress" menetapkan tipe parameter yang diteruskan ke publishProgress( ) di
thread latar belakang. Parameter ini selanjutnya diteruskan ke metode
onProgressUpdate( ) di thread utama.
➢ "Result" menetapkan tipe parameter yang dikembalikan doInBackground( ) .
Parameter ini secara otomatis diteruskan ke onPostExecute( ) di thread utama.
Dalam deklarasi kelas ini:
➢ Tipe parameter "Params" adalah String , yang berarti bahwa MyAsyncTask
memerlukan satu atau beberapa string sebagai parameter di doInBackground( ),
misalnya untuk digunakan di kueri.
➢ Tipe parameter "Progress" adalah Void, yang berarti bahwa MyAsyncTask tidak akan
menggunakan metode publishProgress( ) atau onProgressUpdate( ).
➢ Tipe parameter "Result" adalah Bitmap. MyAsyncTask mengembalikan Bitmap di
doInbackground( ), yang diteruskan ke dalam onPostExecute( )
Langkah-Langkah AsyncTask dasar
1. doInBackground( ) mengunduh materi, tugas yang berjalan lama. Langkah ini
menghitung persentase file yang diunduh dari indeks loop for dan meneruskannya
ke publishProgress(). Pemeriksaan untuk isCancelled( ) di dalam loop for
memastikan bahwa tugas telah dibatalkan, sistem tidak menunggu hingga loop
selesai.
2. onProgressUpdate() memperbarui kemajuan persentase. Ini dipanggil setiap kali
metode publishProgress() dipanggil di dalam doInBackground( ) , yang memperbarui
kemajuan persentase.
3. doInBackground( ) menghitung jumlah total byte yang diunduh dan
mengembalikannya. onPostExecute( ) menerima hasil yang dikembalikan dan
meneruskannya ke dalam onPostExecute( ) , yang ditampilkan di dialog.
Tipe parameter yang digunakan dalam contoh ini adalah:
➢ URL untuk tipe parameter "Params". Tipe URL berarti Anda bisa meneruskan
sejumlah URL ke dalam panggilan, dan URL secara otomatis diteruskan ke dalam
metode doInBackground( ) sebagai larik.
➢ Integer untuk tipe parameter "Progress".
➢ Long untuk tipe parameter "Result".
Mengeksekusi AsyncTask
Setelah Anda mendefinisikan subkelas AsyncTask , buat instance-nya di thread UI.
Kemudian panggil execute( ) di instance, dengan meneruskan sejumlah parameter.
(Parameter tersebut sesuai dengan tipe parameter "Params" yang dibahas di atas).
Misalnya, untuk mengeksekusi tugas DownloadFilesTask yang didefinisikan di atas,
Membatalkan AsyncTask
Anda bisa membatalkan tugas kapan saja, dari thread apa pun, dengan memanggil
metode cancel( ) .
➢ Metode cancel( ) akan mengembalikan false jika tugas tidak bisa dibatalkan,
biasanya karena sudah diselesaikan secara normal. Jika tidak, cancel( ) akan
mengembalikan true.
➢ Untuk mengetahui apakah tugas sudah dibatalkan, periksa nilai yang dikembalikan
isCancelled( ) secara berkala dari doInBackground( Obj ect[] ) , misalnya dari dalam
loop seperti yang ditampilkan dalam contoh di atas. Metode isCancelled( ) akan
mengembalikan true jika tugas dibatalkan sebelum diselesaikan secara normal.
➢ Setelah tugas AsyncTask dibatalkan, onPostExecute( ) tidak akan digunakan setelah
doInBackground( ) dikembalikan. Sebagai gantinya, onCancelled( Obj ect) akan
dipanggil. Implementasi default onCancelled( Obj ect) cukup memanggil
onCancelled( ) dan mengabaikan hasil.
➢ Secara default, tugas yang sedang diproses boleh diselesaikan. Untuk
memperbolehkan cancel( ) menyela thread yang sedang mengeksekusi tugas,
teruskan true untuk nilai mayInterruptIfRunning .
Keterbatasan AsyncTask
AsyncTask tidak praktis untuk beberapa kasus penggunaan:
1. Perubahan pada konfigurasi perangkat menyebabkan masalah. Bila konfigurasi
perangkat berubah sewaktu AsyncTask berjalan, misalnya jika pengguna mengubah
orientasi layar, aktivitas yang membuat AsyncTask akan dimusnahkan dan dibuat
ulang. Metode AsyncTask tidak dapat mengakses aktivitas yang baru saja dibuat dan
hasil AsyncTask tidak akan dipublikasikan.
2. Objek AsyncTask lama tetap ada, dan aplikasi Anda bisa kehabisan memori atau
mogok. Jika aktivitas yang membuat AsyncTask dimusnahkan, AsyncTask tidak akan
dimusnahkan bersamanya. Misalnya, jika pengguna keluar dari aplikasi setelah
AsyncTask dimulai, AsyncTask akan terus menggunakan sumber daya kecuali jika
Anda memanggil cancel( ) .
Bila menggunakan AsyncTask :
➢ Tugas singkat atau yang bisa disela.
➢ Tugas yang tidak perlu untuk melaporkan kembali ke UI atau pengguna.
➢ Tugas dengan prioritas rendah yang bisa ditinggalkan sebelum selesai.
Untuk semua situasi lainnya, gunakan AsyncTaskLoader , adalah bagian dari kerangka
kerja Loader yang akan dijelaskan berikutnya.
Loader
Tugas latar belakang biasanya digunakan untuk memuat data seperti laporan prakiraan
cuaca atau ulasan film. Pemuatan data bisa jadi banyak menggunakan memori, dan Anda
ingin data tersedia sekalipun jika konfigurasi perangkat berubah. Untuk situasi ini, gunakan
loader, yang berupa rangkaian kelas yang memfasilitasi pemuatan data ke dalam aktivitas.
Loader menggunakan kelas LoaderManager untuk mengelola satu atau beberapa
loader. LoaderManager menyertakan serangkaian callback bila loader telah dibuat, bila
pemuatan datanya selesai, dan bila disetel ulang. Memulai loader
Gunakan kelas LoaderManager untuk mengelola satu atau beberapa instance Loader
dalam aktivitas atau fragmen.
Gunakan initLoader( ) untuk melakukan inisialisasi dan mengaktifkannya. Biasanya,
Anda melakukan ini dalam metode onCreate( ) aktivitas.
Metode initLoader( ) memerlukan tiga parameter:
1. ID unik yang mengidentifikasi loader. ID ini bisa berupa apa saja yang Anda inginkan.
2. Argumen opsional yang disediakan ke loader saat pembuatan, dalam bentuk
Bundle. Jika loader sudah ada, parameter ini akan diabaikan.
3. Implementasi LoaderCallbacks , yang dipanggil oleh LoaderManager untuk
melaporkan kejadian loader. Dalam contoh ini, kelas lokal mengimplementasikan
antarmuka LoaderManager. LoaderCallbacks , sehingga meneruskan referensi ke
dirinya sendiri, this .
Panggilan initLoader( ) memiliki dua kemungkinan hasil:
➢ Jika loader yang ditetapkan melalui ID sudah ada, maka loader yang dibuat terakhir
menggunakan ID itu akan digunakan kembali.
➢ Jika loader yang ditetapkan melalui ID tidak ada, initLoader( ) akan memicu metode
onCreateLoader) . Di sinilah Anda mengimplementasikan kode untuk membuat
instance dan mengembalikan loader baru.
Memulai ulang loader
Bila initLoader( ) menggunakan kembali loader yang ada, maka data yang telah dimuat
loader tidak akan diganti, namun kadang-kadang Anda perlu menggantinya. Misalnya, bila
Anda menggunakan kueri pengguna untuk melakukan penelusuran dan pengguna
memasukkan kueri baru, Anda perlu memuat ulang data dengan menggunakan istilah
penelusuran baru. Dalam situasi ini, gunakan metode restartLoader( ) dan teruskan ID
loader yang ingin dimulai ulang. Hal ini akan memaksa muatan data lain dengan data
masukan baru.
Tentang metode restartLoader( ) :
restartLoader( ) menggunakan argumen yang sama dengan initLoader( ) . restartLoader(
) akan memicu metode onCreateLoader( ) , seperti yang dilakukan initLoader( ) saat
membuat loader baru. Jika sudah ada loader dengan ID yang diberikan, restartLoader( )
akan memulai ulang loader yang diidentifikasi dan mengganti datanya. Jika tidak ada loader
dengan ID yang diberikan, restartLoader( ) akan memulai loader baru.
Callback LoaderManager
Objek LoaderManager secara otomatis memanggil onStartLoading( ) saat membuat
loader. Setelah itu, LoaderManager akan mengelola keadaan loader berdasarkan pada
keadaan aktivitas dan data, misalnya dengan memanggil onLoadFinished( ) bila data telah
dimuat. Untuk berinteraksi dengan loader, gunakan salah satu callback LoaderManager di
aktivitas yang memerlukan data: Panggil onCreateLoader( ) agar bisa membuat instance
dan mengembalikan loader baru untuk ID yang diberikan.
Panggil onLoadFinished( ) bila loader yang dibuat sebelumnya selesai memuat. Di sinilah
Anda biasanya ingin memindahkan data ke dalam tampilan aktivitas.
Panggil onLoaderReset( ) bila loader yang dibuat sebelumnya sedang disetel ulang,
sehingga datanya tidak tersedia.
Di sinilah aplikasi harus membuang semua referensi apa pun yang dimilikinya ke data
loader. Subkelas Loader bertanggung jawab atas pemuatan data sebenarnya. Subkelas
Loader yang Anda gunakan bergantung pada tipe data yang dimuat, namun salah satu yang
paling mudah adalah AsyncTaskLoader, yang akan dijelaskan berikutnya. AsyncTaskLoader
menggunakan AsyncTask untuk menjalankan tugas pada thread pekerja.
AsyncTaskLoader
AsyncTaskLoader adalah loader yang setara dengan AsyncTask. AsyncTaskLoader
menyediakan metode,
loadInBackground( ), yang dijalankan di thread terpisah. Hasil loadInBackground( )
secara otomatis dikirimkan ke thread UI, melalui onLoadFinished( ) LoaderManager
callback.
Penggunaan AsyncTaskLoader
Untuk mendefinisikan subkelas AsyncTaskLoader , buat kelas yang memperluas
AsyncTaskLoader<D> , dalam hal ini Dadalah tipe data yang sedang Anda muat. Misalnya,
AsyncTaskLoader ini akan memuat daftar string: public static class StringListLoader extends
AsyncTaskLoader<List<String>> {}
Berikutnya, implementasikan konstruktor yang cocok dengan implementasi super kelas:
Konstruktor menggunakan konteks aplikasi sebagai argumen dan meneruskannya ke
panggilan untuk super()
Mengimplementasikan callback
Gunakan konstruktor di callback onCreateLoader() LoaderManager , yang merupakantempat membuat loader baru. Misalnya, callback onCreateLoader()
Callback onLoaderReset( ) hanya dipanggil bila loader akan dimusnahkan, sehingga
seringkali Anda bisa mengosongkan onLoaderReset( ) , karena Anda tidak akan mencoba
mengakses data setelah loader ini dimusnahkan.
Pertama Jalankan Aplikasi IDE Android ,Caranya:
a) Pilih Start Android Studio
b) Pilih Start a new Android Studio Project
c) Pilih Empty Activity – Next
Configure Your Project
Name :asyncTaskDownload
Package name: ubah menjadi nama blog kalian masing-masing,disini saya menggunakan url blog saya www.ariwibawa.my.id
Save Location:D\:2021\Semester6\TI-1\14518511 Ananda Ariwibawa\Pert9asyncTaskDownload\
Language:Java
Minimum API Level:API 14 – Klik Finish
Maka akan Tampil IDE Android Studio, setelah itu Buka dan ubah script activity_main.xml menjadi seperti gambar di bawah ini:
Maka akan Tampil Gambar design Seperti gambar di bawah ini:
Setelah itu Buka dan ubah script MainActivity.java menjadi seperti gambar di bawah ini:
Buat sebuah file xml baru dengan Nama network_security_config.xml di dalam folder /res/xml dan ketikan kode program berikut seperti gambar di bawah ini:
Sesuaikan script AndroidManifest.xml seperti di bawah ini untuk mendaftarkan komponen Intent Filter dan mendaftarkan permission akses internet & write external storage yang kita butuhkan
Posting Komentar untuk "TUGAS PERTEMUAN 9"